Kelebihan dari iklan ini :
1. Pemilihan warna yang cukup baik karena warna tersebut terkesan elegan.
2. Mempusatkan perhatian pada desain sepatu tersebut karena gambarnya dibuat dengan ukuran yang cukup besar dan berada di tengah-tengah.
3. Desain iklan yang cukup simple sesuai dengan segmentasi pasar untuk kaum pria yang tidak menyukai desain yang terlalu ramai.
Kekurangan dari Iklan ini :
1. Tulisan yang memperjelas iklan tersebut terlalu kecil dan berada di pojok iklan. Sehingga sulit terbaca oleh orang yang melihat iklan tersebut.
2. Maksud dari iklan yang kurang jelas.
a. Sepatu dan Astronot : maksud dari iklan ini bisa saja diartikan sebagai sepatu yang cocok (dipakai) oleh astronot.
b. Sepatu raksasa yang akan menginjak astronot : maksud dari iklan ini bisa saja diartikan sepatu yang sangat berat karena kita akan berpikir bagaimana dampaknya saat sepatu tersebut menginjak para astronot.
c. Sepatu melayang yang berada di atas astronot : maksud dari iklan ini bisa saja diartikan dengan sepatu yang di desain dengan sangat ringan bahkan lebih ringan dibandingkan astronot yang sedang berada di luar angkasa.
Untungnya maksud dari iklan tersebut diperjelas dengan tulisan yang berada di pojok iklan tersebut yaitu “Light, durable and very bouncy.” Namun sangat disayangkan tulisan tersebut ada di pojok iklan sehingga kurang terlihat.
3. Desain iklan tersebut bisa ditambahkan unsur-unsur luar angkasa agar lebih diperjelas bahwa sepatu tersebut sedang melayang di luar angkasa.
Kelebihan dari
iklan ini :
1.
Dengan melihat gambarnya saja, dapat langsung
diketahui bahwa anjing-anjing tersebut sudah pasti akan dikalahkan dengan sang cheetah
dengan mudah walaupun anjing tersebut lebih dulu berlarinya.
2.
Slogan iklan “Nothing to prove” dan penjelasan
iklan tersebut yang sangat ambisius dan sangat meyakinkan konsumen. Sehingga konsumen
tertarik dengan produk yang meyakinkan dengan kualitas yang sangat baik.
3.
Mencantumkan brand dan logo yang cukup jelas. Sehingga
konsumen tau bahwa yang diiklankan adalah mobil dari perusahaan tersebut.
Kekurangan dari
iklan ini :
1.
Gambar yang disajikan kualitasnya kurang baik,
sehingga terkesan gambar yang sangat biasa. Padahal dengan perusahaan sebesar
dan seterkenal itu, akan lebih baik untuk menampilkan gambar yang berkualitas
baik pula. Sehingga konsumen akan mengingat dan terkesan dengan gambar
tersebut.
2.
Pemilihan warna yang sangat standar. Sebaiknya
untuk lebih menarik perhatian dan memperlihatkan jati diri dari produk mobil
tersebut, diberikan warna yang sesuai dengan kriteria mobil tersebut.
Produk 3 : Tato
1.
Penggambaran produk dengan cukup jelas dengan
varian produk tersebut.
2.
Gambar produk yang menonjol sehingga konsumen
langsung terpusat pada produk tersebut.
Kekurangan dari
iklan ini :
1.
Warna dari tulisan di slogan yang kurang menyala
(menarik) sehingga terkesan biasa saja.
2.
Desain latar iklan yang sangat kaku, sedangkan
slogan dari iklan tersebut berbunyi “Life is never Flat”, akan lebih baik kalau
desain dari iklan tersebut dibuat sedinamis mungkin agar terlihat bahwa produk
tersebut tidak memberikan sesuatu yang benar-benar ‘Flat’.
3.
Gambar keripik kentang yang terlalu sedikit
jumlahnya, sehingga terkesan bahwa isi keripik kentang tersebut hanya sedikit
dari setiap kemasan.
4.
Tulisan “Potato Chips” yang terlalu terkesan
tipis. Sehingga konsumen harus memperjelas bacaan tersebut agar tau bahwa
tulisannya demikian.
Produk 4 : Dina
1.
Warna yang disajikan terkesan sangat menyegarkan
dan efek-efek dari cipratan air yang sangat menggiurkan.
2.
Berlatarkan pantai sehingga menambahkan nilai
produk tersebut bahwa minuman tersebut sangat cocok dinikmati di iklim-iklim
tropis atau di Negara yang sedang mengalami musim panas.
3.
Terdapatnya logo halal sehingga memberikan
kepercayaan terhadap produk tersebut bahwa dapat dinikmati untuk semua orang.
Kekurangan dari
iklan ini :
1.
Iklan yang terlalu penuh dengan tulisan-tulisan,
dan gambar dari produk tersebut terkesan tertutupi dengan gambar disekitarnya
dengan warna yang serupa.
2.
Slogan “Orange No. 1 Di Dunia” yang dinilai
kurang tepat dalam bahasa Indonesia. Karena dalam bahasa Indonesia seharusnya
kata orange tersebut diganti dengan kata Jeruk. Atau dengan pilihan lain,
seluruh kalimat tersebut dapat diganti dengan bahasa inggris.
3.
Tulisan “Bulir utuh” dan “Fresh to the top” yang
kurang menonjol karena warna latar yang lebih mencolok.
Produk 5 : It Kat
1.
Ide iklan yang sangat menarik. Karena membuat
konsumen membayangkan bahwa bangku taman yang di cat dengan warna cokelat itu
menjadi benar-benar coklat.
2.
Iklan yang simple namun dapat dipahami dengan
sangat jelas oleh konsumen dan sangat mudah diingat.
Kekurangan dari
iklan ini :
1.
Merk dari iklan tersebut yang kurang jelas. Karena
ada bagian yang tersobek. Sehingga konsumen yang belum mengetahui produk
tersebut akan bertanya-tanya apa sebenarnya nama dari produk tersebut.
2.
Terdapat orang di iklan tersebut yang terkesan
acuh terhadap produk tersebut. Akan sangat baik apabila orang yang sedang duduk
itu terlihat tertarik dengan coklat tersebut.
Produk 6 : Bs
1. Slogan
iklan “Tea with Shocking Soda” yang sangat meyakinkan bahwa teh tersebut
benar-benar “Shocking”.
2. Penjelasan
produk yang cukup baik dengan menampilkan produk yang mempunyai dua kemasan
yaitu dalam botol kaca dan botol kaleng.
3. Produk
yang terlihat lebih segar dengan diberikan es batu disekitar kemasan.
Kelemahan dari iklan ini :
1. Desain
iklan yang terlihat sangat biasa dan terkesan dibuat tanpa kemampuan khusus. Karena
seperti tidak ada proses editing kecuali penambahan tulisan untuk slogan iklan
tersebut.
2. Filter
iklan tersebut kurang diperbaiki, sehingga terlihat pucat dan kurang menarik.
3. Latar
yang terlalu biasa karena hanya memperlihatkan dinding polos tanpa menunjukan
identitas ataupun kelebihan dari produk tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar